RANGKAIAN STAR DELTA

Seperti pembahasan terdahulu yakni Instalasi Tenaga , nah sekarang saya akan share buat sobat pembaca masih mengenai instalasi tenaga ( bagian ke dua). Bedanya,  kalau  bahasan yang terdahulu  instalasi tenaga untuk rangkaian DOL ( direct on line ), kalau yang sekarang ( part 2 ) mengenai Rangkaian Star Delta.

Tentu sobat pembaca sudah banyak yang tahu seperti apa dan untuk apa rangkaian star delta atau bintang - segitiga, namun tak ada salahnya bila saya suguhkan kembali pengetahuan listrik yang satu ini.
Rangkaian star delta adalah sebuah rangkaian kontrol untuk menjalankan motor 3 Phase, bisa menggunakan timer ataupun tanpa timer. Rangkaian ini biasa dipakai untuk mengoperasikan mesin - mesin yang bertenaga besar, seperti pompa hydraulic, pompa air, mesin crusher, screw compressor dan sebagainya. Kenapa harus menggunakan rangkaian star delta ? Sederhana saja, tujuannya adalah untuk efisiensi yakni meredam arus kejut saat motor mulai loading. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk posisi star menuju ke delta ? Tidak perlu lama - lama, idealnya cukup antara 3 - 5 detik saja sudah meredam arus kejut.

Seperti biasa saya ingatkan jangan lupa berdoa dan perhatikan safety, prinsip safety first ( "Utamakan Keselamatan " ) harus selalu tertanam dalam diri kita.

Sebelum kita mulai praktek membuat rangkaian kontrol star - delta, sebaiknya kita siapkan dulu komponen yang diperlukan serta alat - alat kerjanya. Di bawah ini komponen yang diperlukan untuk sebuah rangkaian star - delta :

    - MCB 1 phase / 2 A            = 1 EA  ( control )
    - Contactor                           = 3 EA  ( line, star, delta )
    - Thermal Overload               = 1 EA  ( line & control )
    - Timer + socket                   =  1EA
    - Push Button Emergency      = 1 EA
    - Push Button ON ( green )   = 1 EA
    - Push Button OFF ( Red )    = 1 EA
    - Lampu Pilot Star - Delta ( Green )   = 2 EA
    - Lampu Pilot OFF ( Red )    = 1 EA
    - Mounting Rail
    - Cable duck
    - Terminal block
    - Kabel NYAF 1 x 0,75 sqmm
    - Scoon Y 1,5 mm
    - Cable marking
    - Kabel Power ( misalnya : NYY 4 x 6 sqmm )
    - Motor Listrik 3 Phase

Sedangkan alat - alat kerja yang diperlukan adalah :

    - Tang Kombinasi
    - Tang Lancip
    - Tang potong
    - Obeng ( + )
    - Obeng ( - )
    - Pisau Cutter
    - Tang Scoon
    - Gergaji besi ( bila perlu )

Apabila semua sudah disiapkan baik komponen maupun alat - alat kerja, sekarang kita mulai praktek mermbuat rangkaian star delta. Namun sebagai panduan kita masih memerlukan gambar rangkaian kontrol, adapun gambar rangkaian star delta adalah sebagai berikut :


















Selamat mencoba, jangan putus asa kalau anda gagal, karena sesungguhnya gagal itu adalah cermin dari keberhasilan, kalau anda mau terus mencoba tentunya.


1 comment:

  1. Minta nmr wa kang saya mau tanya soal rangkaian dan harga borongan panel star delta trima kasih

    ReplyDelete